Manajer Proyek (Project Manager) adalah seseorang yang brtindak
sebagai pimpinan dalam suatu proyek. PM ini sangat berperan penting dalam
adanya suatu proyek, karena kegagalan dan keberhasilan dari proyek tersebut di
tentukan oleh PM itu sendiri.
Untuk menjadi seorang PM yang baik diperlukan beberapa kriteria
khusus agar proyek berhasil dengan baik. Kriteria tersebut dilihat dari berapa
sisi diantaranya :
Karakter dari Kepribadinya
Karakteristik dari Kemampuan Terkait dengan Proyek yang Dikelola
Karakteristik Kemampuan Terkait dengan Tim yang Dipimpin
1. Karakter dari Kepribadiannya
Harus memahami dan menguasai semua hal baik secara teori maupun
teknis terhadap proyek yang sedang di tangani.
Memiliki pengalaman dan keahlian yang berkaitan dengan proyek
yang sedang dikelola.
Sebagai seorang yang mengambil keputusan, maka harus mampu
bertindak secara adil dan bertanggung jawab.
Memiliki wibawa, mampu beradaptasi dan bergaul dengan bawahan
sehingga tidak ada kesenjangan antara atasan dan bawahan.
2. Karakteristik dari Kemampuan Terkait dengan Proyek yang
Dikelola
Memiliki komitmen yang tinggi untuk meraih tujuan serta
keberhasilan proyek.
Mampu menyelesaikan proyek sesuai dengan waktu dan anggaran yang
diberikan.
Membuat dan melakukan rencana darurat untuk mengantisipasi
hal-hal maupun masalah tak terduga.
Mampu membuat perencanaan dalam jangka panjang dan jangka
pendek.
Memiliki kemauan untuk mendefinisikan ulang tujuan, tanggung
jawab dan jadwal selama hal tersebut ditujukan untuk mengembalikan arah tujuan
dari pelaksanaan proyek jika terjadi jadwal maupun anggaran yang meleset.
3. Karakteristik Kemampuan Terkait dengan tim yang
Dipimpin
Mampu bersosialisasi dengan bawahan atau anggota tim.
Mampu membangun kedisiplinan secara structural
Memiliki kemampuan dan keahlian berkomunikasi serta manjerial.
Menghormati para anggota tim kerjanya serta mendapat kepercayaan
dan penghormatan dari mereka.
Memiliki kepercayaan yang tinggi kepada para profesional
terlatih untuk menerima pekerjaan-pekerjaan yang didelegasikan darinya.
Berbagi sukses dengan seluruh anggota tim.
Mampu menempatkan orang yang tepat di posisi yang sesuai.
Memberikan apresiasi yang baik kepada para anggota tim yang
bekerja dengan baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar