Kamis, 10 Januari 2013

PREVIEW JURNAL KPOP

Tantangan Budaya di Era Global
“Pengaruh Dampak Globalisasi terhadap Genre Musik Indonesia”
Globalisasi adalah suatu proses tatanan masyarakat yang mendunia dan tidak mengenal batas wilayah. Globalisasi pada hakikatnya adalah suatu proses dari gagasan yang dimunculkan, kemudian ditawarkan untuk diikuti oleh bangsa lain yang akhirnya sampai pada suatu titik kesepakatan bersama dan menjadi pedoman bersama bagi bangsa- bangsa di seluruh dunia. (Menurut Edison A. Jamli dkk.Kewarganegaraan.2005).
Kemudian pengertian dari kebudayaan itu sendiri adalah sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi system idea tau gagasan yang terdapat dalam fikiran manusia, sehingga kebudayaan itu bersifat abstrak. Perwujudan dari kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya yang berupa perilaku maupun benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola perilaku, bahasa, organisasi social, kesenian dan lain sebagainya yang berfungsi untuk menunjang kehidupan bermasyarakatnya.
Masuknya Korean POP di Indonesia adalah juga dampak dari globalisasi, mengingat maraknya Boyband dan juga Girlband yang muncul di Indonesia di tahun 2012 lalu, ini adalah juga salah satu dampak dari Korean wave dan tentu saja musik (Korean POP) yang telah memasuki pasar di Indonesia. Musik Kpop memang telah meracuni pasar di Indonesia, Asia khususnya bahkan di Dunia, dari mulai anak-anak, remaja bahkan dewasa mengetahui bahkan menyukai musik Korean POP.
Melihat bagaimana atusiasme Konser-konser artis korea tahun 2012 silam seperti Super Junior, 2PM, SMtown, Wonder Girl dan lain.
Masukanya Korean Pop atau yang biasa kita sebut Kpop mempunyai dampak positif dan negative terhadap genre musik yang ada di Indonesia, untuk mengetahui secara lengkap pengertian dari musik kpop, sejarah dari kpop serta pengaruh kpop dapat dibaca pada jurnal atau artikel sebagai berikut : http://blog.student.uny.ac.id/hidayatnoramin/2012/11/04/pengaruh-dampak-globalisasi-terhadap-genre-musik-indonesia/
SELAMAT MEMBACA, KHAMSAHAMNIDAH..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar